News Update :

Selasa, 16 Oktober 2012

SAD Indonesia Belum Raih Kemenangan Dalam Tur Ke Chile

Tim SAD Indonesia sudah merampungkan tiga kali uji coba selama menjalani tur ke Chile sejak 28 Juli lalu. Secara hasil, memang belum ada kemenangan yang diraih oleh tim asuhan pelatih Cesar Payovich Perez. Namun, banyak pengalaman berharga yang didapat oleh para pemain sebagai bekal persiapan menghadapi Pra Piala Asia U19 2012, Oktober nanti.

"Uji coba tim Indonesia SAD di Santiago, Chili benar-benar memberikan manfaat yang besar kepada para pemain. Kita mendapatkan pengalaman baru menghadapi lawan – lawan yang tangguh dengan usia di atas pemain kita," kata Demis Djamaoeddin, manajer SAD Indonesia.

Hanya berselang sehari setelah tiba di Santiago, tanggal 29 Juli 2011 tim Indonesia SAD langsung berhadapan dengan tim U20 Universidad de Catolica. Menurunkan komposisi pemain kelahiran 1993, 1994 dan 1995, tim tuan rumah sempat terkejut dengan penampilan anak-anak Indonesia SAD yang mengandalkan permainan cepat dan keras ala tim nasional Uruguay diawal pertandingan.

Tim tuan rumah bukanlah tim yang mudah ditaklukkan. Reputasi mereka sebagai tim papan atas di liga Chile memberikan bukti dan pelajaran berharga pada anak-anak Indonesia SAD. Babak pertama berakhir 1-0 untuk tuan rumah.

Memasuki babak kedua kedua tim tetap bermain dalam tempo tinggi. Tim Indonesia SAD mulai bisa menyesuaikan diri dengan cuaca dingin yang menyelimuti tempat pertandingan yang berlangsung di markas tim Universidad de Catolica dikawasan San Carlos.

Pertandingan berakhir 3-1 untuk keunggulan tuan rumah. Satu-satunya gol tim Indonesia SAD dicetak oleh Abdul Rahman Lestaluhu. Pemain bertubuh kecil dan lincah ini berhasil melewati 2 orang pemain belakang tuan rumah setelah mendapatkan umpan terobosan dari Manahati Lestusen.

Keseokan harinya, (tanggal 30 Juli 2011) Indonesia SAD kembali bertanding. Kali ini yang menjadi lawan adalah C. D. O’Higgins, klub papan tengah liga Chili.

"Satu lagi pelajaran didapat oleh anak-anak Indonesia SAD. Untuk pertama kalinya mereka bermain di lapangan sintetis. Ketika mengetahui akan bermain dilapangan sintetis sempat terlihat ada keraguan diraut wajah beberapa pemain. Suatu hal yang normal," tutur Demis yang ikut mendampingi pemain selama di Chile.

Pertandingan berakhir dengan skor 2-1 untuk keunggulan C. D. O’Higgins. Indonesia SAD kali ini menurunkan kombinasi pemain yang baru tahun ini tiba di Uruguay, diapdukan dengan kakak-kakak mereka yang sudah bergabung di Uruguay lebih dari 2 tahun.

"Saya harus melakukan hal ini karena banyak pemain yang mengalami cedera dan harus kami tinggal di Uruguay untuk menjalani tahap pemulihan. Uji coba di Chili sudah kami rencanakan sejak awal dan tidak mungkin untuk membatalkannya. Gabungan pemain baru dan pemain lama ternyata menunjukkan trend yang positif," ujar Cesar Payovic Perez seusai pertandingan.

Gol Indonesia SAD diciptakan oleh pemain baru Randy Chandra dibabak kedua.

Pertandingan ketiga dilakukan tanggal 31 Juli 2011. Kali ini yang menjadi lawan adalah klub Audax Italiano. Menurut informasi yang diperoleh dari wikipedia, klub ini memiliki reputasi bagus sebagai salah satu klub yang selalu berada dipapan atas liga Chili.

Yang juga menakjubkan dari klub ini adalah stadionnya, Estadio Municipal de la Florida yang berkapasitas 12,000. Memang berukuran kecil, tapi sungguh apik. Tempat duduk penonton tersusun rapi, lapangan sintetis, stadion bersih dan eksterior stadion dicat warna warni yang memberikan kesan segar.

Pertandingan ini berakhir dengan skor imbang 0-0. Dalam pertandingan ini, Indonesia SAD sebenarnya mempunyai 3 peluang emas yang bisa menghasilkan gol. Vava Mario Yagalo, Hadi Wibowo dan Haris Tuharea masing-masing telah berhasil berhadapan dengan penjaga gawang lawan, tapi belum berhasil menceploskan bola.

"Dalam sepakbola kadang-kadang nasib bisa berkata lain," ujar Demis.

Masih ada tiga pertandingan lagi yang akan dilakukan tim Indonesia SAD. Tanggal 1 Agustus melawan Union Espanola, tanggal 2 Agustus melawan Colo Colo dan terakhir tanggal 3 Agustus melawan Universidad de Chile.[4 Agustus 2011]

« »

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More