News Update :

Selasa, 16 Oktober 2012

Timnas Indonesia Intip Kekuatan Lawan Via Internet

JAKARTA - Punggawa anyar di level tim pelatih, Liestiadi, memiliki tugas berat. Eks guru komputer asal Medan ini berstatus mata-mata, yang harus mengidentifikasi kekuatan lawan-lawan Timnas Indonesia di putaran ketiga Pra-Piala Dunia 2014, dari pelbagai sudut.

"Saya sudah mendapat tugas khusus, di luar tanggung jawab teknis di lapangan. Hasil diskusi dengan pelatih Wim, saya harus menelisik untuk menemukan beragam variabel lawan," kata Liestiadi, Kamis (4/8/2011), di Cilegon.

Beberapa item yang harus dicari oleh pria berusia 43 tahun ini dari tiga musuh, Qatar, Bahrain, dan Iran antara lain pemain bintang, starting line up terakhir, pencetak gol di laga terakhir, rata-rata waktu pergantian pemain dan di sektor mana saja, postur lawan, keunggulan individu serta tim.

Tak hanya itu, Lestiadi juga mencarai kebiasaan para pemain musuh seperti dalam mengambil arah sepakan sudut, kekuatan kaki kanan atau kiri, dan teknik melakukan set piece.

"Saya juga harus mengamati pola perubahan strategi di lapangan, serta mengantisipasinya. Saya harap tugas ini bisa selesai sebelum memasuki masa uji coba," tegas eks pelatih PSMS Medan ini.

Semua data-data musuh akan dicari melalui pelbagai cara, terutama internet. Kebetulan ia memang ahli dunia maya karena pernah berprofesi sebagai guru komputer.

"Saya akan menggunakan media online, juga youtube maupun sistem video yang lain. Kompilasi tersebut sangat penting untuk menentukan taktik kita saat menghadapi Qatar, Bahrain dan Iran, terutama kontra Iran sebagai lawan perdana yang sangat menentukan," beber Liestiadi. [5 Aug 2011].

« »

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More